Bojonegoro, begitu nama itu yang dikenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur. Letaknya sekitar 67 kilometer dari ibukota Jawa Timur, Surabaya. Meski telah memiliki hasil tambang melimpah, kehidupan masyarakat di Bojonegoro tidaklah makmur seperti perusahaan-perusahaan minyak asing yang menguasainya.

Bojonegoro, begitu nama itu yang dikenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur. Letaknya sekitar 67 kilometer dari ibukota Jawa Timur, Surabaya. Meski telah memiliki hasil tambang melimpah, kehidupan masyarakat di Bojonegoro tidaklah makmur seperti perusahaan-perusahaan minyak asing yang menguasainya.

Dalam hal pendidikan misalnya. Jangankan sekolah bertaraf internasional mau berinvestasi di wilayah ini, sekolah negeri pun keadaannya juga sungguh miris. Apalagi keadaan rumah sakitnya, hanya ada satu rumah sakit pemerintah dengan kondisi yang memprihatinkan. Satu rumah sakit itu bernama RS Veteran berada dekat dengan alun-alun dan tidak jauh dari kantor Dewan Perwakilan Daerah Bojonegoro.

Cerita punya cerita, pemimpin negeri ini pun tidak mampir menginjakkan kakinya di Bojonegoro. "Tidak ada satu presiden yang menginjakkan kakinya di sini. Tidak tahu kenapa," kata Gus Mul, salah seorang tokoh masyarakat di Bojonegoro saat berbincang dengan merdeka.com Senin lalu.

Seingatnya, dari enam presiden Indonesia, hanya Soekarno yang 'berani' datang ke Bojonegoro. Gus Mul tidak mengetahui kenapa presiden tidak mampir ke Bojonegoro. Namun, dari cerita yang dia tahu, ada mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa jika presiden mampir di Bojonegoro, dia akan turun dari tahta.

Sebagai seorang tokoh pemuka agama, Gus Mul mengenyampingkan mitos tersebut. "Itu hanya mitos. Kalau mau datang ya datang saja," ujar Gus Mul.

Selain daerah menghasilkan minyak bumi, Bojonegoro dikenal daerah religius. Hal ini karena banyaknya Pondok Pesantren - khususnya Nahdlatul Ulama - yang berdiri di wilayah ini. Namun, apakah benar presiden enggan datang ke Bojonegoro karena mitos turun tahta?

Ada banyak cara untuk menilai sesuatu itu dikatakan terpopuler. Diperlukan kriteria atau parameter untuk mengukurnya. Termasuk s

Ada banyak cara untuk menilai sesuatu itu dikatakan terpopuler. Diperlukan kriteria atau parameter untuk mengukurnya. Termasuk sosial media yang sedang booming saat ini. Apakah sosial media terpopuler saat ini menurut Anda? Tak ada salahnya Anda menyimak tulisan dibawah ini.

Populer menurut sebagian orang memiliki arti (1) dikenal dan disukai orang banyak (umum), (2) sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya; mudah dipahami orang banyak, (3) disukai dan dikagumi orang banyak. Berikut adalah kriteria sosial media terpopuler menurut penulis :

1. Jumlah Anggota

Semakin banyak anggotanya, semakin banyak yang memasang iklan. Semakin banyak income yang dihasilkan sebuah sosial media dari periklanan, semakin besar peluang untuk berkembang.

2. Banyak Sedikitnya Fasilitas yang Dimiliki

Semakin banyak jumlah fasilitas dan jenis yang dimiliki sebuah sosial media. Kemungkinan untuk menarik minat anggota baru dari semua kalangan semakin besar.

3. Bisa Diakses di Semua Negara

Sosial media tidak untuk kalangan tertentu saja, maka dari itu harus bisa menjangkau seluruh kalangan.

4. Up To Date

Tanpa meninggalkan identitas yang menjadi trend sebelumnya. Dari segi penampilan dan content biasanya ada perubahan-perubahan yang inovatif. Agar selalu segar dan tetap diminati banyak kalangan.

5. Ada Predikat Keanggotan

Untuk mengetahui valid tidaknya berita atau informasi, salah satunya bisa dilihat dari predikat keanggotaanya. Terpercaya atau tidak, namun belum tentu pula yang paling aktif adalah yang paling valid. Nah, masih perlukah predikat keanggotaan? Semua ada positif negatifnya.

6. Bisa Menghasilkan Uang

Tidak dipungkiri sosial media saat ini telah menyita sebagian waktu anggotanya. Ada yang telah dan mulai untuk menghasilkan uang dari sosial media ini.

7. Interaktif Dengan Anggotanya

Untuk meningkatkan dan menjaga kualitasnya, sosial media biasanya melakukan interaksi dengan anggotanya secara kontinyu dan berkelanjutan. Baik lewat survey, FAQ (Frequently Asked Question) maupun yang lainnya.

8. Gratis

Gratis adalah daya tarik tersendiri. Namun bukan jaminan suatu sosial media digemari.

Urutan nomer di atas bukan berdasarkan prioritas. Karena semua ada masanya, sosial media terpopuler saat ini belum tentu populer untuk masa mendatang.

 

Jasa penerjemah

Joseph Lechleider

Mr. Lechleider helped invent DSL technology, which enabled phone companies to offer high-speed web access over their infrastructure of copper wires.

“It was really nice to play with other women and not have this underlying tone of being at each other’s throats.”

Artikel lainnya »